Logo TMCC

Logo TMCC

running teks

" Santun di jalan, Taat aturan , Safety number one "

Selasa, 06 Maret 2012

JANGAN SIMPAN HELM DIATAS TUTUP TANGKI BENSIN



Kenapa sih gak boleh? Jawaban nya gini
Ada yang pernah nyoba styrofoam disiram pakai bensin? Kalau pernah pasti terlihat styrofoam itu meleleh. Karena sifat bensin itu bereaksi menjadi panas jika terkena styrofoam, meskipun kalau kena tangan sedikit agak terasa dingin.
Nah komponen utama dari Helm itu kan styrofoam, yang berguna sebagai peredam benturan. Dan bentuknya padat mengisi lapisan helm bagian dalam sehingga pas di kepala si bikers. Kalau diperhatikan di tutup tangki bensin sebenarnya tidak secara sempurna kedap udara...kalau dicium akan tercium bau bensin atau kalau motor di jemur ditempat panas akan kelihatan uap keluar dari tutup tangki bensin. Itu fenomena wajar karena semua zat cair itu menguap saat mendapat suhu tertentu. Terlebih bensin yang sangat mudah menguap karena titik didih nya lebih rendah daripada air.
Bila helm disimpan diatas tutup bensin, uap yang merembes akan ditampung di dalam helm. Nah dalam jangka waktu lama styrofoam dalam helm akan mengalami pelelehan namun tidak tampak,,tapi saat mendapat tekanan dari kepala, styrofoam akan menipis... Bisa dibayangkan sangat berbahaya bila terjadi benturan pada helm namun peredam nya tipis...

Berdasarkan pengalaman helm kurang dari 6 bulan yang tadinya nge-press,,sudah jadi longgar..

Jadi jangan simpan helm diatas tutup tangki bensin..
By: Dika
TMCC Asyik .. Safety No. 1



Tidak ada komentar:

Posting Komentar