Logo TMCC

Logo TMCC

running teks

" Santun di jalan, Taat aturan , Safety number one "

Jumat, 13 April 2012

KELENGKAPAN POKOK DALAM MENGENDARAI MOTOR


4 Kelengkapan Penting untuk Keselamatan mengendarai motor.


Ketika naik motor, sangat penting bahwa Anda tidak hanya memiliki peralatan keselamatan, tapi juga keselamatan yang nyaman, tahan lama, dan cocok dengan Anda. Berikut ini adalah daftar peralatan yang paling penting untuk melindungi Anda ketika
naik motor dan pada saat terjadi kecelakaan.:

1. Helm.

Sejauh ini aksesori keselamatan yang paling penting adalah helm Anda. Perdebatan hukum wajib helm adalah kontroversial. Beberapa negara membutuhkan helm dan lainnya memerlukan helm hingga usia tertentu. Apapun, itu bukan sebuah peralatan yang boleh Anda abaikan. Fitur-fitur berikut diperlukan:

    Shell ini luar yang keras melindungi pengendara dari penetrasi dan guncangan pada kepala.
    Ventilasi-salah satu keluhan terbesar di antara pengendara sepeda motor tentang helm adalah bahwa helm menjadi sangat panas. Mencari helm dengan ventilasi yang baik akan meningkatkan kemungkinan Anda untuk memakainya.
    Kenyamanan hal ini membantu memastikan kesesuaian aman untuk kepala Anda. Hal ini sangat penting bahwa Anda menemukan helm yang sesuai dengan benar sehingga tidak menghalangi pandangan Anda.
    Visor-ini melindungi hidung, pipi, dan mata dari  debu, puing-puing, dan angin. Sistem  Retensi mengamankan helm ke kepala Anda jika terjadi kecelakaan, yaitu tali/ gesper.


Beberapa helm tidak melindungi wajah penuh atau visor.. Helm parsial tidak melindungi mulut dan daerah rahang dalam hal terjadi kecelakaan sehingga perlu pertimbangan dalammenggunakan helm apakah fullface atau half facedemi keselamatan wajah kita.

Pilihlah helm yang baik walaupun harganya agak lebih mahal sedikit karena ia akan menyelamatkan dan melindungi kepala anda satu-satunya.

2. Alas kaki.

Menggunakan alas kaki yang tepat akan melindungi Anda dari puing-puing di pinggir jalan dan bagian pada sepeda motor yang mendapatkan panas, seperti knalpot. Adalah penting bahwa Anda memiliki alas kaki sol baik yang menutupi matakaki, Boots misalnya dapat melindungi Anda dalam kecelakaan dari kaki dan cedera pergelangan kaki.

3. Pakaian pelindung.

Celana pelindung, jaket, dan pakaian sangat penting untuk pengendara sepeda motor. Saat naik motor, pakaian ini memberikan perlindungan  kepada pengendara dari unsur-unsur, seperti hujan dan angin. Bahan seperti kulit, Cordura, Kevlar, dan nilon balistik adalah bahan yang paling tahan lama untuk melindungi pengendara dari unsur-unsur dan luka serius dalam hal terjadi kecelakaan.

Bodysuits Kendali adalah pilihan terbaik karena pengendara tidak harus menyesuaikan jaket dan celana, yang dapat bergerak saat naik. Jika Anda memilih kombinasi jaket-celana, pastikan bahwa jaket memiliki sabuk elastis yang kuat yang mencegah dari naik ke atas; celana juga harus memiliki sebuah band elastis yang kuat di sekitar pinggang.

Pakaian ini harus sedikit lebih besar dari pakaian normal Anda, tetapi seharusnya tidak membatasi atau terlalu longgar. Pakaian yang tidak sesuai dengan benar dapat menyebabkan gangguan, dan kemudian kecelakaan.

Semua pakaian harus memiliki band elastis yang kuat di sekitar pergelangan kaki, pinggang, dan pergelangan tangan. Kedua jaket dan bodysuits penuh harus memiliki kerah tinggi untuk melindungi leher dari angin.
 
4.Sarung tangan.

Sarung tangan harus sesuai  dengan jari-jari tangan Anda sehingga mereka tidak mengganggu kemudi Anda. Sarung tangan membantu Anda mempertahankan pegangan yang baik, juga melindungi Anda dari angin dan cedera jika terjadi kecelakaan. Sarung tangan tipis harus dipakai di bulan-bulan hangat dan sarung tangan tebal harus dipakai di bulan-bulan dingin.Sebaiknya gunakan sarungtangan yang full menutupi jari-jari tangan sampai pergelangan tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar