Logo TMCC

Logo TMCC

running teks

" Santun di jalan, Taat aturan , Safety number one "

Minggu, 08 April 2012

PERJALANAN KE TANJUNG LAYAR SAWARNA YANG ASYIIK…


Walaupun minim dengan personil inti, TMCC-BD tetap berangkat ke Tanjung layar Sawarna Bayah pada hari jum’at pagi tanggal 6 April 2012 karena kegiatan ini sudah merupakan program tiga bulanan yang jauh-jauh hari direncanakan. 

Dengan jumlah 30 personil menggunakan 12 motor dan 2 mobil sekitar jam 07 pagi mulai start dari Telkom Japati Bandung langsung menuju ke tempat cek point pertama di jembatan rajamandala, pada etape ini Raja Mantoz yang berperan sebagai ‘kura-kura ninja’ alias tim penyapu tunggangannya sang Raja kehabisan bensin yang membuat sang RAJA ngorok kehausan minta dorong, sementara rombongan tetap setia menunggu kedatangan Raja Mantoz, karena kedatangannya merupakan tanda ngumpul dan lengkapnya peserta touring. Kesetiaan Raja Mantoz memang patut dibanggakan dalam hal ini, sabar dan setia dan selalu paling belakang karena tugas yang diembannya sebagai tim penyapu. Mungkin ada yang belum tau kenapa di sebut Raja Mantoz ? . ini dia orangnya..

Nama aslinya Mardianto Nugroho lebih seneng dan gembira sekali kalo dipanggil MANTOZ, tunggangan setianya Yamaha RX KING (Sang Raja) jadi cocok kalo dipanggil Raja Mantoz kan…?!

Kemudian rombongan bergerak lagi melanjutkan perjalanan menuju cianjur, di SPBU deket terminal Bis cianjur rombongan mengisi full tangki masing-masing dan setelah itu lanjut menuju sukaraja tempat cek point kedua, pada etape ini bagasi Vario tunggangan Rara terbuka tutupnya karena guncangan yang tidak terelakan sehingga sandal dan mizon terpental dari bagasi, untungnya bawa jaring pengikat yang bisa menambah kekuatan kunci bagasi, sampai di sukaraja cuma berhenti sebentar aja karena rombongan sudah lengkap dengan terlihatnya Raja Mantoz dibelakang. Lanjut ke Sukabumi menuju cibadak namun di cibadak salah belok dan rombongan putar arah menuju pertigaan arah Citarik untuk bergabung dengan rombongan dari TMCC JKT BeST disini sudah menunggu bro Andi njoss, sambil menunggu rombongan Jakarta para peserta menikmati gorengan panas disalah satu kios, namun setelah menunggu beberapa saat rombongan BeST belum juga datang, karena waktu hampir setengah duabelas siang rombongan mengarah ke daerah citarik untuk sholat jum’at di salah satu mesjid disana. Sementara itu rombongan yang menggunakan mobil tidak melalui cibadak-citarik karena menghindari kemacetan dan juga harus segera menyiapkan konsumsi makan siang di STO Pelabuhan Ratu…tengkyu pisan buat Bro Tri n Bro Dadang…
Selesai sholat jum’at coba SMS ke Bro Daru (Ketua I BeST) 

dan ternyata rombongan Best sudah selesai sholat jum’at juga di daerah Cikidang Resort, kita putuskan untuk menunggu di masjid ini, tidak lama kemudian Bro Daru CS pun datang dengan dua  Mobil  dan 8 motor (termasuk salah satunya Bro ASA sebagai Dewan Penasehat BeST beserta nyonya dengan tunggangan Ninja 650CC).
Lanjut perjalanan dari Citarik menuju STO Pelabuhan Ratu melalui jalan berkelok-kelok tajam  dan menurun, perlu keterampilan khusus mengendarai motor di daerah ini belum lagi sedikit gerimis sehingga jalanan sedikit basah dan agak licin.
Sampai di STO Pelabuhan Ratu sekitar jam  14.00 rombongan langsung menyantap makan siang yang sudah disiapkan oleh Bro Dadang n Bro Tri, namun sayangnya ditengah-tengah acara makan hujan turun cukup deras, untungnya rombongan makan ditempat yang terlindungi dari guyuran air hujan. Setelah selesai makan walaupun masih hujan pada jam 15.00 WIB rombongan dipaksa harus berangkat dengan menggunakan jas hujan masing-masing karena perjalanan 40 km selanjutnya harus ditempuh dalam keadaan masih siang  sebab kalau kemalaman atau gelap dijalan agak rawan mengingat medan yang akan ditempuh sangat ektrim dengan tanjakan dan turunan juga kelokan yang tajam. Sebelum berangkat menuju Sawarna rombongan wajib isi bahan baker Fulltank karena didaerah sawarna sudah tidak akan ditemukan SPBU lagi terutama bagi tunggangan yang minum Pertamax.
Pemandangan sangat menakjubkan dinikmati dan dilewati rombongan, baru kali itu melewati puncak MA EROT yang terkenal, tapi cukup cuma lewat aja karena tidak ada yang perlu ‘terapi ma erot’ saat-saat seperti ini, ada beberapa warung tempat nongkrong di puncak tapi itupun dilewati saja karena ngeburu waktu takut kemalaman dijalan, hanya sekali berhenti di indomart untuk beli keperluan sambil sekalian cek point, dua mobil dari bandung sudah lewat tinggal menunggu 2 mobil dari Jakarta, sementara peserta lainnya memanfaatkan waktu ada yang ke toilet ada yang roko-an ada yang teleponan. Setelah dua mobil Jakarta datang rombongan melanjutkan perjalanan yang sudah tidak terlalu jauh namun dari pertigaan jalan raya menuju lokasi sawarna melewati hutan yang cukup lumayan rimbun dan jalan yang rusak..tapi begitu melihat Cariang Resort tempat menginap rombongan perasaan menjadi lega. Tapi sesampainya di penginapan agak kaget juga karena sebagian besar rombongan motor tidak ada padahal berangkat didepan, rupanya mereka langsung menuju pantai tanjung layar dan tidak mengetahui kalau menginap di cariang resort, kira-kira magrib dan sudah agak gelap rombongan sudah berkumpul semua di penginapan.
Masing-masing cari posisi uwenak karena tempat yang terbatas di bale-bale pun jadilah, agak kaget dan kecewa setelah melihat air di kamar mandi seperti kopi susu ..wow..ga tega ga tega …kasian badan yang walaupun sudah lengket keringet ini kalo harus mandi pake air kopisusu…..akalnya air jangan ditampung di ember tapi langsung dari kocoran kran jadi warna kopisusunya ga terlalu keliatan..(heheh nipu diri dikit)…

ACARA KEBERSAMAAN DAN BAKAR IKAN.
Setelah semua beristirahat dan mandi/cucimuka tidak lama makan malam sudah mulai keliatan di siapkan oleh penginapan, sesuai rencana juga Bro Dadang sudah membawa ikan segar untuk dibakar, klop sambil menunggu makan malam dihidangkan bakar ikan pun dimulai, Bro Tri yang jadi koki-nya dibantu Waone n Mantoz.

Harum bau ikan bakar sangat merangsang airliur...begitu matang bakaran pertama..ayo serbuuuu......dan semua peserta mulai menyantap makan malam bersama...
Oh ternyata Bro Daru sebagai ketua Best ga biasa makan malam....(ya makan ikan aja bro hehehe)...
Setelah makan malam selesai semua peserta ngumpul untuk saling berkenalan, diawali dari perkenalan rombongan Bandung dan kemudian dilanjut rombongan dari Jakarta, suasana semakin akrab apalagi ketika Bro ASA sebagai Dewan Penasihat Best berbagi cerita, beliau yang walaupun jabatannya tinggi tapi sangat low profile dan sederhana ( siapakah beliau? 

Nama lengkapnya Abdus Samad Arief lebih akrab dipanggil ASA beliau saat ini adalah pejabat tertinggi di Divisi Enterprise Service Telkom tapi ”dalam community ini saya hanya orang biasa” begitu katanya dengan santai) dan beliau membuktikan diri sebagai orang motor sejati walaupun kaki masih belum pulih jalanpun masih terpincang-pincang tapi masih bisa tampil bersama nyonya menyemangati touring kolaborasi TMCC-BD dan TMCC JKT BeST kali ini, terimakasih banyak Bro ASA semoga cedera kakinya cepet sembuh dan normal kembali........aamiin.  
Acara malam berakhir karena harus istirahat untuk kegiatan esok harinya, namun karena tempat dan fasilitas yang sangat terbatas mungkin ada yang kurang nyaman dalam beristirahat...tapi semoga pagi hari seger kembali. Sebagian peserta ada yang melanjutkan acara masing-masing dengan bermain kartu sambil ngobrol sana-sini, sebagian yang lain sudah kelihatan bermain tepuk tangan karena nyamuk mulai mendekati dan bernyanyi, akhirnya hening...

PERGI KE PANTAI TANJUNG LAYAR.
Tempatnya cukup terpencil tapi banyak orang dari luar kota yang datang bahkan mereka rela tidur dirumah penduduk hanya karena ingin menyaksikan keindahan pantai tanjung layar yang masih cukup perawan. Jalan masuk yang melalui jembatan gantung membuat para pengendara motor harus ekstra hati-hati karena selain jembatan sempit juga bergoyang-goyang bahkan salah satu anggotan TMCC sempat terjatuh ditengah jembatan dengan motornya..wow..ngeri kali .... ayo cepet bantu Bro Andi njoss kawan....

Dari jembatan gantung masih kuranglebih 2-3 km menuju lokasi, tapi memang luar biasa, deburan ombak yang menabrak baru karang sungguh indah...dua batu besar yang cukup unik juga sangat menakjubkan...suasana ini tidak dilewatkan untuk ambil foto-foto baik pribadi maupun rombongan.
Begitu pula rombongan TMCC-BD dan TMCC JKT BeST bergabung untuk foto-foto dilokasi ini.



MAKAN PAGI DAN KEMAS-KEMAS.
Pulang dari pantai tanjung layar perut terasa lapar, untungnya dipenginapan sudah disiapkan makan pagi, nikmat sekali rasanya sarapan selepas cape maen di pantai. Selesai makan pagi Bro ASA beserta nyonya dan bro Ari beserta Nyonya pamit lebih dulu dikawal oleh Bro Toto dan Bro Wahyu dari TMCC-BD, sementara yang lain masih nyempetin jalan kaki ke pantai deket penginapan, pantai apa namanya tidak atu tapi hamparan pasir  yang luas dipinggir pantai serasa berada dipadang pasir..sayang ombak dipantai ini sangat besar sehingga tidak bisa mandi-mandi disini. Cuma sebentar liat laut disini terus balik ke penginapan dan kemas-kemas persiapan pulang.
Jam 11.00 WIB rombongan bergerak meninggalkan penginapan menuju ke karang hawu pelabuhan Ratu .Tapi awal start beberapa peserta  harus membantu Bro Asep Baran dulu yang mobilnya ga mau nanjak minta sedikidt didorong, rame-rame dorong mobil ngos-ngosan juga ya...sementara kita yang berangkat paling belakang ga kebagian dorong heheh..
Rombongan lanjutkan perjalanan dan sempet foto-foto di tugu perbatasan propinsi Jabar dengan Banten....sampai di Karang Hawu rombongan mobil beserta Bro Toto n Bro wahyu yang sudah tiba duluan sudah menunggu. tapi kemudian tempat ngumpul di ralat menjadi ke pantai istana presiden dan rombongan pun bergerak mengarah ke pantai istana presiden untuk makan siang.
Selesai makan siang dua rombongan (TMCC BD dan TMCC JKT BeST) 

berjabatan tangan untuk berpisah karena route yang akan dilewati berbeda, rombongan jakarta akan melewati route citarik sedangkan rombongan bandung akan melewati pelabuhan ratu-sukabumi via jalan reguler. Setelah say goodby rombongan berpisah, rombongan bandung menuju mesjid Agung Pelabuhan Ratu untuk melakukan sholat dzuhur dan jama ashar, setelah itu berpisah juga dengan Bro Dadang yang telah selesai menjalankan tugas (terimakasih banyak Bro Dadang), setelah mengisi bahan bakar fulltank rombongan bandung melaju menuju sukabumi dipimpin meong cikalong perjalanan cukup enak dan stabil tidak terksan terburu-buru, dipersimpangan arah sukabumi sukaraja Bro Andi njoss berpisah karena domisili bro Andi emang si sukabumi (terimakasih banyak atas segala bantuannya bro Andi), kemudian rombongan belok menuju sukaraja, di sukaraja sempet berhenti karena tiger tunggangan bro Eza putus tali kopling, untungnya  MAB bawa serep, sambil nunggu pemasangan tali kopling sebagian yang lain ada yang isi bensin dan ke toilet. Selanjutnya menuju cianjur dan sepakat untuk sholat magrib di mesjid Darussalam Cianjur dan rombongan tiba tepat sesaat sebelum sholat magrib berjamaah dimulai...Alhamdulillah bisa shoat berjamaah bersama imam mesjid Darussalam.
Selesai sholat masih sempet minum bandrek susu dan ngopi, sambil siap-siap berangkat kembali, namun tak disangka salah satu peserta harus bercucuran keringat padahal cuaca cukup dingin, bro Nyo lali kunci motorne nang ndi...? semua sibuk mencari-cari..hampir putus asa mau naik bus aja pulang...hehehe kalem bro Nyo...akhirnya Ari Etot nemuin kunci motor yang nyempil di deket kick starter blue scorpio..lega rasanya ya bro Nyo...( tengkyu Etot ye).
Rombongan melanjutkan perjalanan ke bandung dan sebelumnya cekpoint di kotabaru parahyangan disini meong cikalong pamit berpisah, sementara itu peserta sepakat menuju bandung via gunungbatu pasteur walaupun secara resmi rombongan bubar dipadalarang, akhirnya Alhamdulillah naympe di Telkom Japati pada jam 21.00 WIB, eh ada yang masih ketinggalan satu satunya peserta cewek dengan vario belum keliatan...tunggu punya tunggu akhirnya datang juga .. karena nyasar ke arah ci.hanjuang katanya.
Istirahat sambil ngopi dan juga sambil nunggu yang mau ngambil Ninja yang dititip ke mas Waone...akhirnya say goodby semuanya......sampai ketemu acara touring berikutnya..terimakasih semuanya...khusunya buat bro Tri yang dauh nge-lead acara Touring sawarna ini....

Bandung, 8 April 2012.
Wass: MAB

1 komentar:

  1. Mantebbb pisan Bro's TMCC Bandung. Mari lbh kita dekatkan TMCC Bdg dan Jkt. BeST always be ready utk gabung rame2 lagi... Salam ASYIIKK

    BalasHapus